5 Cara Menghilangkan Goresan Pada Motor Paling Mudah Sendiri

Cara Menghilangkan Goresan Pada Motor - Semua orang pastinya ingin punya body motor yang selalu mulus tanpa adanya lecet atau bekas goresan. Apalagi untuk yang punya motor baru, pastinya selalu menjaga body motor dengan sangat baik ya. 

Tapi sayangnya body motor tidak terbuat dari bahan yang anti gores. Karena sedikit saja terkena benda tajam atau tumpul dengan hantaman yang tidak terlalu keras, bisa saja meninggalkan lecet.

Memang sih lecet pada body motor bukan suatu masalah yang berat sehingga membuat motor tidak mau jalan. Tapi masalahnya estetika motor akan berkurang tentunya. 

Maka dari itu jika body motor anda sudah lecet, anda perlu sesegera mungkin mengetahui cara menghilangkan lecetnya.

5 Cara Menghilangkan Lecet di Motor

Ada 5 cara untuk menghilangkan goresan pada motor, tergantung seberapa parah lecet tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara umum yang dapat kamu coba.

1. Membersihkan body motor dari kotoran yang ada

Membersihkan body motor dari kotoran yang ada

Hal paling pertama yang harus anda lakukan untuk menghilangkan lecet di body motor yaitu dengan membersihkannya. Misalnya saja motor yang anda miliki habis terjatuh di jalan, pastinya ada kotoran yang menempel di bagian motor. Untuk membersihkannya juga sangat mudah, anda hanya memerlukan air dan sampo yang di khususkan untuk motor.

Campur air dan sampo, setelah aduk hingga merata dan balurkan ke body motor. Setelah itu bersihkan bagian motor yang kotor. Pastinya lecet akan terlihat lebih baik setelah dibersihkan. Cara ini memang gak bisa menghilangkan lecet secara keseluruhan, tapi setidaknya penampilan motor akan lebih cantik.

2. Gunakan scratch remover

Gunakan Scratch remove untuk Menghilangkan Goresan Pada Motor Paling Mudah

Suatu cairan yang bisa menyamarkan lecet atau baret pada body motor disebut dengan scratch remover. Bentuknya seperti lem dan cara penggunaannya juga praktis banget. anda hanya perlu mengaplikasikannya langsung pada bagian yang lecet. Tapi lecetnya harus yang dangkal ya. Agar lecet tampak memudar, gunakan kain microfiber. Lakukanlah secara berulang.

3. Melakukan pengamplasan

Melakukan pengamplasan untuk menghilangkan goresan pada body motor

Lecet yang terjadi pada body motormu bisa saja ringan atau dalam. Lecet akan semakin parah jika tekanan pada body motor semakin dalam. Maka dari itu anda perlu untuk mengetahui apakah lecet ringan ataupun berat agar bisa mengambil langkah yang tepat. Karena untuk lecet yang ringan, anda bisa menggunakan cara pengamplasan untuk menyamarkannya.

Gunakanlah amplas dengan tekstur yang lembut, setelah itu amplas body motor yang mengalami lecet ringan. Amplaslah hingga lecet lebih merata dari sebelumnya. Yang perlu diperhatikan yaitu anda harus berhati-hati saat mengamplasnya karena bisa saja amplas akan melukai body motor yang tidak terkena lecet, sehingga penampilannya menjadi lebih tidak menarik.

Perlu di ingat bahwa pengamplasan harus dilakukan pada body motor yang keadaannya basah. Terlebih dahulu aplas juga harus dierendam dalam air. Amplas body secara perlahan, setelah itu basuhlah dengan air. Gunakan kain bertekstur lembut untuk mengeringkan body.

4. Gunakan compound

Gunakan compound untuk menghilangkan goresan berbekas di motor

Jika body motor masih terlihat lecet dan kurang indah, coba deh gunakan compound pada bagian yang sebelumnya sudah di amplas. Bentuk compound ini seperti cairan atau krim, untuk mengaplikasikannya bisa dengan menggunakan kain. Gosok dengan kain sampai lecet tidak terlihat lagi dan body terlihat lebih kinclong.

5. Gunakan pasta gigi

Hilangkan goresan di motor Gunakan pasta gigi

Ternyata bahan yang sering ada di setiap rumah dan harganya terjangkau seperti pasta gigi atau odol juga bisa menyamarkan lecet pada body motor, lho. Partikel yang ada di pasta gigi bisa digunakan sebagai amplas.

Sebelum mengaplikasikan pasta gigi, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu body yang lecet dengan air. Selanjutnya berikan beberapa bagian pasta gigi pada bagian yang lecet dan gosok perlahan dengan sikat bekas. Setelah itu bilas dengan air beberapa kali dan ulangi proses ini hingga lecet memudar.