10+ Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup Saat Banjir Paling Mudah

Cara mengatasi Motor tidak bisa hidup - Sepeda motor merupakan salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat modern saat ini. Hampir semua aktivitas pekerjaan membutuhkan kendaraan bermotor. Sepeda motor juga menjadi pilihan utama untuk mobilitas karena lebih praktis dan mudah dikendarai. 

Maka tak heran jika hampir semua orang di zaman modern ini memiliki motor pribadi. Bahkan ada yang menjadikan motor sebagai alat kerja utamanya, seperti profesi sebagai tukang ojek online.

Karena peran motor sangat penting, maka merawat performa motor selalu menjadi prioritas. Gangguan pada kinerja motor bisa menjadi masalah bagi penggunanya. 

Banyak masalah yang mungkin terjadi pada motor. Salah satu masalah yang paling mengganggu adalah ketika motor tidak mau hidup. Apalagi jika sedang terburu-buru, pasti sangat merugikan. Motor yang tidak bisa dinyalakan ditandai dengan kerusakan sistem starter.

Sistem starter adalah rangkaian listrik yang memutar poros sehingga pembakaran pertama mesin tercipta. Sistem ini akan menjalankan proses menghidupkan mesin. Ada dua jenis sistem starter, yaitu kick starter dan electric starter. 

Semua sepeda motor terbaru kini menggunakan sistem starter listrik. Starter listrik ini sangat mudah dijalankan untuk menghidupkan mesin. Hanya dengan sekali tekan, mesin akan menyala. Namun masalah terjadi jika sistem ini tidak berfungsi sehingga motor tidak menyala.

Ada empat masalah umum yang menyebabkan motor tidak bisa hidup saat proses starter, yaitu starter itu sendiri, masalah bahan bakar, masalah busi dan tekanan kompresi. Untuk berbagai masalah ini, cara mengatasi motor yang tidak menyala mungkin juga berbeda. Berikut cara menghidupkan kembali motor dengan memperhatikan penyebabnya.

10 Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup

Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup

1. Tekan Rem dan Naikan Standar Motor

Tekan Rem dan Naikan Standar Motor

Cara menghidupkan motor matic dan transmisi manual secara sekilas sama, yaitu dengan menekan tombol starter. Namun, khusus untuk motor matic, menekan tombol starter harus disertai dengan menekan rem. Tanpa menekan rem, proses starter tidak akan bekerja dan motor tidak akan hidup.

Jika menekan rem, motor masih belum menyala, mungkin standarnya masih aktif. Untuk itu, segera nonaktifkan standar, tekan rem dan tekan tombol starter pada motor matic, maka motor akan langsung menyala.

Baca juga: Biar Tetap Awet, Begini 10 Cara Merawat Motor Matic Injeksi di Tahun 2023

2. Mengganti Starter Relay

Mengganti Starter Relay

Relai berfungsi sebagai pengalih arus utama pada starter. Relay juga dapat disebut sebagai jembatan yang menghubungkan arus baterai ke starter. Relai dapat diaktifkan dengan kunci kontak. Ketika relay rusak, proses starter tidak bisa membuat motor menyala.

Untuk memastikan kondisi relay, cobalah untuk melakukan pengujian dengan menekan relay dan starter secara bersamaan. Jika ada ketukan, maka estafet masih normal. Sementara itu, jika tidak ada ketukan, itu berarti relai rusak dan solusinya harus diganti dengan yang baru.

3. Perbaiki Korsleting

Perbaiki Korsleting

Cara memperbaiki motor tidak bisa menyala atau susah hidup selanjutnya adalah dengan mendeteksi terlebih dahulu korsleting yang mungkin terjadi. Korsleting dapat menyebabkan sistem starter mengalami korsleting. Jika ada tanda hitam dan luka bakar, Anda dapat yakin bahwa korsleting benar-benar terjadi.

Cara mengatasinya cukup mudah. Pertama, bagian yang terbakar dapat dibersihkan. Kemudian bagian yang terlepas dapat dipasang kembali. Jika ada bagian yang rusak dan tidak dapat digunakan lagi, maka harus diganti dengan yang baru.

4. Memeriksa Tekanan Kompresi

Memeriksa Tekanan Kompresi

Jika mesin tidak menyala saat dingin atau di pagi hari, itu bisa menjadi masalah kompresi. Atau jika mesin baru bisa menyala setelah beberapa kali starter, penyebabnya juga bisa sama. Mesin membutuhkan kompresi agar gas mudah terbakar.

Jumlah kompresi harus sebanding dengan daya yang dihasilkan. Jika mesin gagal dihidupkan, itu berarti kompresi tidak sebanding. Untuk memperbaikinya, pertama-tama periksa tekanan kompresi dengan penguji kompresi.

5. Memperbaiki Busi

Memperbaiki Busi

Kerusakan atau gangguan lain pada busi adalah alasan paling umum mengapa motor tidak bisa hidup. Biasanya api yang keluar dari busi sangat kecil atau bahkan tidak mengeluarkan api sama sekali.

Cara mengatasi motor tidak bisa hidup karena masalah pada busi bisa dilakukan dengan memperbaiki busi tersebut. Anda juga bisa mengganti busi baru jika kerusakan busi terlalu parah.

6. Pastikan Tekanan Bahan Bakar

Motor yang menggunakan sistem injeksi sangat bergantung pada pompa bahan bakar yang berfungsi untuk menekan bahan bakar ke arah injektor

Ada komponen dalam pompa yang menjaga tekanan bahan bakar tetap stabil bahkan saat mesin mati. Jika ada masalah dengan komponen-komponen ini, hasilnya adalah mesin tidak akan hidup.

7. Periksa Knalpot

Periksa Knalpot

Selain busi, mengecek knalpot juga penting untuk dilakukan, guna mengatasi motor mogok saat banjir. Selama kondisi banjir, knalpot sangat rentan terhadap masuknya air dan menyebabkan serangan.

Untuk mengatasi knalpot yang kemasukan air, silakan lakukan standar tengah pada motor Anda. Setelah standar tengah, dukung standar dengan kayu atau batu sampai posisi motor belakang lebih rendah.

Jika posisi belakang motor lebih rendah, otomatis air akan keluar dengan sendirinya. Ketika air di knalpot sudah keluar, sebaiknya masukkan oli ke dalam knalpot agar tidak terjadi karat.

Baca juga: inilah 5 Perbedaan Oli Mesin dan Oli Gardan Beserta Jenis Oli Lainnya

8. Periksa Karburator

Periksa Karburator

Setelah memeriksa busi dan knalpot, Anda tidak perlu terburu-buru untuk menyalakan motor. Silakan cek karburator motor Anda terlebih dahulu, namun pengecekan karburator hanya berlaku untuk motor karena matic tidak menggunakan karburator.

Jika motor terendam banjir, biasanya karburator akan basah dan jika motor terpaksa berjalan seperti gagap. Cara mengeringkan karburator basah adalah dengan menutup keran selang bahan bakar yang menghubungkan tangki ke karburator.

Setelah ditutup, putar baut knalpot pada karburator berlawanan arah jarum jam hingga macet dan bensin akan keluar. Jika gas sudah habis, silakan buka kembali saluran dan putar baut dengan benar.

9. Panaskan Motor

Setelah cara mengatasi motor tidak bisa hidup di atas dilakukan, silahkan panaskan mesin motor dengan cara starter menggunakan kaki dalam kondisi mati atau posisi kunci dalam keadaan off sebanyak 5-6 kali. Selanjutnya, putar kunci keadaan on dan starter kembali menggunakan kaki.

Jika mesin sudah menyala biarkan 3-5 menit untuk memanaskan mesin, jangan langsung digunakan atau dijalankan ya sob.

10. Periksa Oli Motor

Jika kelima cara di atas tidak berhasil, maka periksalah oli motor Anda. Motor yang mogok saat banjir dapat menyebabkan air merembes ke dalam ruang oli.

Jika minyak sudah dicampur dengan air, warna minyak biasanya akan berubah menjadi putih. Perbaikannya adalah menguras ruang oli Anda dengan menyiapkan wadah untuk minyak yang diputihkan dan harap keluarkan ke dalam wadah yang disediakan.

Setelah oli dikeringkan, beli 1 liter bensin dan tuangkan setengah bensin ke dalam ruang oli. Diikuti dengan mulai menggunakan kaki dengan tujuan memompa bensin ke saluran oli yang memasukkan air.

Ketika metode di atas telah dilakukan, harap keluarkan bensin di ruang oli melalui lubang bawah mesin. Selanjutnya, silakan lakukan hal yang sama dengan sisa setengah liter bensin dan jika sudah, semprotkan ruang oli dengan udara.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Goresan Pada Motor Paling Mudah

11. Datanglah ke Bengkel Terdekat

Datanglah ke Bengkel Terdekat

Solusi terakhir untuk mengatasi motor tidak bisa hidup adalah dengan mendatangi bengkel motor terdekat. 

Jika lokasi motor mogok jauh dari bengkel, Anda bisa mencoba menghubungi mekanik panggilan. Jangan lupa untuk menceritakan masalah yang Anda alami agar mekanik dapat membawa peralatan lengkap untuk menangani motor yang tidak dapat dinyalakan.