Cara Mengganti Oli Motor Sendiri Dengan Baik dan Benar di Tahun 2024

Cara Mengganti Oli Motor Sendiri - Ganti oli motor harus dilakukan secara rutin setidaknya dua
bulan sekali agar mesin dapat bekerja secara optimal. Jika malas datang ke
bengkel, anda bisa mengganti oli motor sendiri di rumah.

Hal itulah yang dilakukan oleh beberapa pengendara motor yang mandiri, seseorang yang menghargai biaya perawatan motor akan lebih memilih untuk ganti oli motor sendiri karena lebih hemat
biaya dan waktu.

Ganti oli itu cukup mudah. Jadi, beberapa pengguna motor lebih pilih menggantinya sendiri di rumah. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk bayar jasa, ganti oli di bengkel lebih lama nunggunya dibanding melakukan service motor.

Selain itu kelebihan jika Anda mengganti oli motor sendiri anda dapat mengetahui secara pasti berapa sisa oli yang terbuang, seberapa kotornya oli. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan kapn harus ganti oli dan berapa bulan harus ganti oli.

Berikut cara mengganti oli motor sendiri, yang dapat kami rangkum dari berbagai sumber bengkel-bengkel terdekat. Simak di bawah ini.

Cara Ganti Oli Motor Sendiri

Cara Mengganti Oli Motor Sendiri Dengan Baik dan Benar di Tahun 2023

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk dapat mengganti oli motor sendiri. Tapi sebelum itu, anda perlu mempersiapkan beberapa perlengkapannya dahulu.

Jika anda ingin ganti oli, biasanya anda akan memerlukan kunci shock untuk bongkar motor. Lalu, mempersiapkan wadah kosong yang sudah tidak terpakai guna menampung oli bekas.

Tak hanya itu, pastikan anda harus mengetahui dan melihat dengan tepat tempat keluarnya oli dimana ketika anda ganti oli. Hal ini dikarenakan setiap motor memiliki lubang atau tempat oli keluar yang berbeda-beda.

Tempat oli motor matic biasanya ada di bagian bawah. Makanya, harus tahu dulu ada di mana, karena letaknya beda-beda, ada yang di kiri, kanan atau belakang.

Apabila semua perlengkapan sudah tersedia dan anda telah mengetahui letak olinya. Anda bisa langsung mulai ganti oli motor sendiri di rumah.

Berikut ini langkah-langkah cara mengganti oli motor sendiri di rumah :

  1. Pastikan motor standar dua agar lebih seimbang dan tidak jatuh.
  2. Siapkan wadah kosong di bawah mesin motor.
  3. Buka tutup oli mesin menggunakan kunci shock yang sudah disiapkan.
  4. Saat oli keluar tunggu hingga bersih. Kemudian tutup kembali lubang keluar oli.
  5. Buka tutup oli bagian atas, kalau matic biasanya ada di bagian atas dekat knalpot.
  6. Masukkan oli baru sesuai takaran dan kapasitas. “Agar lebih pasti, anda bisa googling berapa kapasitas atau takaran oli sesuai dengan jenis motormu.
  7. Tutup kembali lubang oli motor jika proses sudah selesai.
  8. Panaskan motor dan tunggu 5-10 menit agar oli menyebar ke semua komponen mesin.

Tips Memilih Oli Motor

Tips Memilih Oli Motor yang baik dan Benar

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat memilih oli agar motor selalu dalam kondisi baik dan membuat anda lebih nyaman selama berkendara. 

Berikut tips memilih oli motor yang bagus di antaranya:

  1. Pastikan untuk menggunakan oli original. Jika motornya Yamaha, maka gunakanlah oli resmi dari Yamaha.
  2. Pilih juga oli sesuai dengan jenis motor, matic atau manual.
  3. Lihat kekentalan oli dari kode 10W-40 atau 15W-50 yang terdapat pada botol produk oli. Kalau motor matic biasanya menggunakan oli 10W-40. Tujuannya agar tidak cepat merusak mesin. Soalnya, semakin kental oli maka kinerja mesin akan semakin berat.

Gimana sekarang sudah tahu kan bagaimana cara ganti oli motor sendiri di rumah? Selain mudah dan cepat, anda juga dapat menghemat pengeluaran.