8 Kelebihan dan Kekurangan Honda Genio di Tahun 2024

Kelebihan dan kekurangan Honda Genio di Tahun 2024 - Hal terbaik yang dilakukan sebelum membeli sepeda motor matic Honda ialah mengetahui terlebih dahulu seluk beluk dari keunggulan beserta kelemahan yang dimilikinya terutama Honda Genio.

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan Honda Genio, Honda Genio 2024 yang dirilis baru-baru ini, telah menerima perubahan signifikan. Apalagi perubahan yang dilakukan yang utama bukan dari area kaki. Dengan bodinya yang Sporty dan bergaya retro modern, lebih pas lagi ketika mengusung velg 12 inci.

Yup, Velg yang digunakan persis dengan spesifikasi yang dimiliki oleh Honda Scoopy 2024. Ban tersebut berukuran 100/90-12 dan 110/90-12, dengan desain yang digunakan oleh Honda Scoopy generasi sebelumnya.

Nah buat anda yang sedang mencari refrensi tentang kelebihan dan kekurangan honda genio sebelum membeli motor matic ini, Yuk simak ulasannya pada berikut ini.

Kelebihan Honda Genio

Kelebihan Honda Genio

1. Desain body yang sporty 

Desain body yang sporty

Keunggulan pertama yang dimiliki Honda Genio adalah desain yang sporty. Desain sporty ditampilkan pada lampu LED terpisah dengan lampu sein.

PT AHM berhasil menampilkan fitur lampu LED tersendiri dengan lampu sein dengan tujuan menarik konsumen. Tentu saja, tampilan lampu LED dan lampu sein yang terpisah membuat tampilan lebih sporty.

2. Bobot Ringan

Bobot Ringan

Salah satu kelebihan dari motor honda genio yang menjadi daya tarik matic entry-level dari Honda adalah memiliki bobot yang ringan, termasuk Honda Genio 2024 ini. Pasalnya, ia menggunakan framework eSAF yang juga pertama kali diterapkan pada Honda Genio pada 2019.

Bingkai itu sendiri terbuat dari pelat baja yang ditekan dan dicetak, kemudian dilas menggunakan pengelasan laser. Honda Genio saat ini memiliki berat 92 kg (CBS) dan 93 kg (CBS-ISS).

Baca juga: 15+ Motor untuk Perempuan yang Keren dan Ringan Untuk Berpergian

3. Irit BBM

Irit BBM

Selain rangka eSAF, Honda Genio 2024 juga menjadi yang pertama menggunakan mesin eSP generasi terbaru, dengan struktur mesin over stroke. Mesin ini sengaja dibuat untuk mengejar torsi rendah dan tentunya efisiensi bahan bakar.

PT AHM mengklaim bahwa motor matic ini dapat melaju hingga 59,1 km dengan satu liter bahan bakar. Namun dari hasil pengujian dari kami dengan metode full to full, konsumsi bahan bakar tercatat sebesar 52,6 km/liter.

4. Fitur yang cukup banyak

Fitur yang cukup banyak

Dengan harga kurang dari Rp 20 jutaan, anda sudah bisa mendapatkan motor dengan fitur yang cukup banyak. Misalnya, lampu depan adalah LED, rem cakram dengan Combi Brake System sebagai standar.

Kemudian stop kontak di bawah rumah kunci pengaman magnetik. Ruang penyimpanan di belakang kursi 14 liter dan konsol terbuka di depan. Mesin ini juga menggunakan ACG Starter untuk semua tipe dan terdapat Idling Stop System untuk tipe CBS-ISS.

Baca juga: 10+ Kelebihan dan Kekurangan PCX 160 di Tahun 2024, Yakin Gak Mau Beli?

5. Ruang bagasi yang cukup besar

Ruang bagasi yang cukup besar

Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya, bagasi 14 liter Honda Genio cukup luas. Ya, meski tidak bisa menampung helm, itu lebih dari cukup untuk membawa jas hujan, sarung tangan, dan lap.

6. Harga Murah

Honda Genio 2024 akan mengisi kesenjangan pasar antara Honda Beat dan Honda Scoopy yang semakin mahal. Honda Genio juga bisa menjadi alternatif dengan harga yang lebih terjangkau bagi mereka yang menginginkan harga yang stylish namun bersahabat.

Harga Honda Genio 2024 kini 18,530 juta untuk tipe CBS dan Rp 19,125 juta untuk tipe CBS-ISS. Harganya on the road di Jakarta.

Kekurangan Honda Genio

Jika di atas merupakan kelebihan yang dimiliki oleh Honda Genio, kali ini kami akan menjelaskan beberapa kekurangan yang menjadi kelemahan Honda Genio. Berikut kekurangan Motor Honda Genio.

1. Desain terlihat nanggung

Kekurangan Honda Genio pada Desain terlihat nanggung

Salah satu yang menjadi kekurangan Honda Genio dimana hal ini menjadikan alasan mengapa banyak orang lebih memilih Honda Scoopy meski lebih mahal, atau bahkan Honda BEAT juga adalah Desainnya agak sedikit nanggung, terutama model sebelumnya.

Bodi depan cenderung terlalu rata dan terlihat pesek. Kemudian dibandingkan dengan Honda Scoopy, bentuknya kurang menarik. Tapi sekali lagi, ini kembali ke rasa, jika Anda suka, Anda tidak perlu peduli apa yang dikatakan orang lain.

2. Panel meter terlihat lebih kecil

Panel meter terlihat lebih kecil

Memang, di antara matic entry-level Honda lainnya, Honda Genio 2024 ini memiliki panel meter paling modern. Karena sepenuhnya digital. Namun ukuran layarnya terlalu kecil, sedangkan bingkainya bulat dan besar.

Informasinya yang sederhana, hanya ada speedometer, odometer, fuel meter. Selain itu, indikator eco, pass beam, check engine, indikator ISS dan lampu sein. Jika ukuran layar diperbesar, itu akan lebih enak dipandang.

Baca juga: 8 Kelebihan dan Kekurangan Honda ADV 160 di Tahun 2024

Video Review Honda Genio



Spesifikasi Lengkap Honda Genio

Spesifikasi Honda Genio 2024
Dimensi
P x L x T 1.862 x 694 x 1.061 mm
Sumbu Roda 1.251 mm
Tinggi Tempat Duduk 744 mm
Jarak Terendah 147 mm
Berat Basah 92 kg (CBS) 93 kg (CBS-ISS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, silinder tunggal
Kapasitas Mesin 110 cc
Diameter x Langkah 47 x 63,1 mm
Rasio Kompresi 10 : 1
Tenaga Maksimum 9 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,3 Nm @ 5.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone-eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 100/90-12
Ban Belakang 110/90-12
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Sistem Rem Combi brake system

Nah itulah sedikit singkat mengenai ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Honda Genio di Tahun 2024. Semoga artikel ini dapat menjadi refrensi anda sebelum membeli motor matic terbaru Honda.