Inilah Rahasia 6 Cara Memilih Motor Matic yang Bagus Saat Membeli

Ingin membeli motor, tapi masih kurang paham bagaimana cara memilih motor matic yang bagus? Kali ini kami akan memberikan tips kepada kamu agar efisien di dalam memilih dan menemukan motor matic yang pas buat kamu.

Cara memilih motor matic yang bagus di Tahun 2024, baik dan benar sebenarnya adalah hal yang gampang-gampang sulit. Sepeda motor merupakan kendaraan yang masih digemari oleh banyak masyarakat Indonesia. Selain jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mobil, sepeda motor juga sangat akomodatif untuk berbagai keperluan. Mulai dari bekerja, sekolah, hingga kegiatan rekreasi.

Akhir-akhir ini, motor matic telah menjadi primadona dari semua jenis sepeda motor. Bukan tanpa alasan, kepraktisan, kelincahan, dan keindahan dalam penampilan adalah alasannya.

Jika kamu tertarik untuk membeli motor matic? Berikut ini ada beberapa tips cara memilih motor matic yang bagus yang bisa kamu jadikan patokan saat membeli motor. Baik kondisi motor bekas maupun motor baru.

Cara Memilih Motor Matic yang Bagus

Rahasia 6 Cara Memilih Motor Matic yang Bagus Saat Membeli

Sebelum kamu memulai menentukan motor matic apa yang akan dibeli, ada kalanya kamu harus memikirkan budget keuangannya terlebih dahulu. Pastikan budget kamu sesuai dengan kebutuhan motor yang akan kamu beli. Jika merasa sudah memumpuni, maka berikut ini adalah tips cara memilih motor matic yang bagus baik dan benar.

Tentukan jenis motor matic yang ingin dibeli

Hal ini merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menentukan jenis motor matic apa yang ingin kamu beli. Pastikan apa yang akan kamu beli sesuai dengan kebutuhan kamu, sesuai dengan kemampuan kamu, dan sesuai dengan badan kamu. Jangan biarkan kamu menyesalinya nanti. Misalnya hanya karena bodi motor terlalu besar, sehingga kamu merasa tidak cocok untuk badan kamu yang mungil. Atau dan lain sebagainya.

Periksa kembali motor matic yang ingin dibeli

Setelah kamu dapat memastikan dan menentukan jenis motor matic yang ingin dibeli, tips selanjutnya adalah mengecek detail motor matic tersebut. kamu dapat membaca detail resmi tentang produk motor dari situs web resmi sepeda motor atau di mana pun.

Sebagai referensi, berikut ini beberapa detail penting mengenai motor matic.

  1. Apabila kamu menginginkan memiliki motor matic yang hemat bahan bakar, maka kamu bisa memilih motor matic dengan kapasitas mesin yang kecil dengan volume mulai dari 108 cc hingga 110 cc. Misalnya, sepeda motor matic Honda. Dan memang, berdasarkan banyak penelitian, sepeda motor matic Honda irit dan tidak boros. Misalnya, Honda ScoopyVarioHonda BeAt 2024. Motor-motor ini cukup lincah namun konsumsi bahan bakarnya ekonomis.
  2. Saat ini, kejahatan pencurian sepeda motor semakin sering terjadi. Nah, saat membeli sepeda motor matic, pastikan kamu memilih motor matic yang dilengkapi dengan kunci anti-pencurian atau kunci magnetik otomatis.
  3. Bagi kamu yang ingin motor matic bisa banyak bermanuver, lebih lincah, dan juga lebih fleksibel saat jalan macet, kamu bisa memilih motor matic dengan bodi ramping.
  4. Jika kamu yang ingin bisa mempermudah dan fleksibel saat berkendara, maka pilihlah motor matic yang jaraknya antara jok dan bodi depan dashboard cukup lebar.
  5. Motor matic pada umumnya memiliki bobot yang lebih berat, jika dibandingkan dengan sepeda motor biasa. Jadi, agar kamu tidak mudah terpeleset, baik sedang parkir atau bahkan terjebak kemacetan di jalan yang agak menanjak, pilihlah motor otomatis yang menggunakan kunci pada rem.
  6. Pilih motor matic yang pabrikannya menyediakan suku cadang lengkap, yang murah, tahan lama, ramah lingkungan, dan mudah didapat. Sehingga jika motor kamu rusak, maka mudah untuk mengganti suku cadang tanpa harus pergi ke tempat yang jauh.
  7. Pastikan kamu membeli sepeda motor matic di dealer resmi. kamu tidak harus langsung pergi ke toko. Sekarang ada banyak dealer resmi di pasar online.

Baca juga: 4 Perbedaan Tipe Honda Scoopy: Sporty, Stylish, Fashion dan Prestige Tahun 2024

Baca review dan lakukan test ride terlebih dahulu

Setelah menentukan jenis motor yang ingin dibeli, maka kamu sudah mengetahui detailnya, tips selanjutnya adalah membaca ulasan dari pengguna lain secara detail. Tentang segalanya mengenai motor yang nantinya akan kamu beli. kamu dapat mencarinya di blog otomotif, dari Youtube, atau bahkan dari teman kamu sendiri. Dari sini, kamu akan mendapatkan gambaran seperti apa motor otomatis saat kamu hendak kamu beli.

Jika memungkinkan, lakukan test ride terlebih dahulu. Hal ini bahkan akan menambah masukan bagi kamu dalam memutuskan untuk membeli atau tidak. Kemudian bandingkan dengan hasil membaca ulasan blogger atau YouTuber. Jika ada yang tidak cocok atau sesuatu yang kamu rasa kurang, maka kamu bisa mencari jenis motor lain untuk kamu beli.

Baca juga: 15+ Motor untuk Perempuan yang Keren dan Ringan Untuk Berpergian

Bandingkan harganya

kamu mungkin telah jatuh cinta dengan merek sepeda motor tertentu. Tapi jangan biarkan ini membutakan kamu. Pastikan kamu menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Harga motor baru juga biasanya tidak jauh berbeda di setiap dealer. Karena pabrikan sudah mengaturnya sejak awal. Tetapi ini tidak berarti kamu dapat membelinya segera. Ada baiknya untuk membandingkan terlebih dahulu dari satu dealer ke dealer lainnya. Ada kalanya dealer juga memberikan diskon atau promo. Dan kamu jelas dapat menggunakan ini untuk menghemat anggaran.

Teliti di dalam memilih cara pembayarannya

Ketika kamu ingin membeli motor, jika kamu sudah memiliki budget, dan budgetnya sesuai dengan harga motor yang akan kamu beli, alangkah lebih baiknya jika kamu membelinya secara tunai.

Namun, jika kamu ingin membelinya secara kredit, pastikan kamu berhati-hati dengan jumlah cicilan per bulan dan juga bunganya. Jangan biarkan itu membebani kamu. Akan lebih baik jika kamu menghabiskan DP besar. Sehingga cicilannya tidak terlalu berat per bulan.

Baca juga: inilah 5 Perbedaan Oli Mesin dan Oli Gardan Beserta Jenis Oli Lainnya

Pastikan Asuransi, garansi, dan servis pada motor

Kendaraan baru biasanya memiliki pertanggungan asuransi, garansi, dan layanan gratis. Pastikan kamu juga berhati-hati dengan hal ini saat membeli motor matic baru kamu. Jangan biarkan kamu mengabaikan atau melupakan. Karena tidak apa-apa, kamu dapat menggunakan ini ketika terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan. Dan khusus untuk layanan, biasanya ini untuk beberapa bulan. Misalnya, enam bulan. Lumayan juga, ini berarti kamu menghemat biaya layanan selama enam bulan.

Itulah 6 tips cara memilih motor matic yang bagus kondisi baru atau bekas yang bisa kamu jadikan referensi. Pastikan kamu meneliti semuanya sebelum membeli. Semoga bermanfaat!