Cara Menghidupkan Motor SCOOPY REMOTE yang Mudah Bagi Pemula

Bingung, Bagaimana cara menghidupkan motor Honda Scoopy menggunakan Remote Keyless? Bagi Pemula, Yuk simak ulasannya pada berikut ini!

Bagi Anda yang baru saja membeli motor Honda Scoopy dengan remote keyless di tahun 2024 ini barangkali akan mengalami kebingungan saat pertama kali ingin menghidupkannya. Karena itu, Anda perlu tahu cara menghidupkan motor Scoopy remote yang paling mudah.

Fitur inovatif smart key system pada Honda dengan remote keyless ini pada dasarnya menggantikan kebutuhan akan kunci fisik yang sebelumnya kita gunakan. 

Beragam fitur unggulan ditambahkan pada sistem ini, seperti alarm anti pencurian, answer back system, dan banyak lainnya. Meski begitu, transisi ini dari kunci fisik ke smart key system telah menimbulkan tantangan bagi beberapa pengguna dalam menghidupkan motor yang dimiliki.

Cara Kerja Remote Keyless pada Motor Scoopy

Cara Kerja Remote Keyless pada Motor Scoopy

Pada motor Honda Scoopy, remote keyless entry mengikuti prinsip kerja umum yang digunakan pada sebagian besar sistem serupa. Berikut adalah penjelasan tentang cara kerja remote keyless pada motor Honda Scoopy secara umum:

Remote Control

Pengendara dilengkapi dengan remote control yang biasanya berbentuk kunci atau tombol kecil. Remote control ini mengirimkan sinyal nirkabel ke unit penerima pada motor.

Unit Penerima

Motor Scoopy dilengkapi dengan unit penerima yang terhubung dengan sistem penguncian pusat. Unit penerima ini biasanya terletak di dekat atau di dalam bodi motor.

Sinyal Nirkabel

Ketika tombol pada remote control ditekan, remote control mengirimkan sinyal nirkabel yang biasanya menggunakan teknologi radio frequency (RF) ke unit penerima pada motor. Sinyal ini mengandung informasi kunci penguncian atau pembukaan.

Verifikasi Sinyal

Setelah menerima sinyal dari remote control, unit penerima memverifikasi keaslian sinyal untuk memastikan bahwa sinyal yang diterima adalah dari remote control yang benar. Hal ini mencegah orang lain dengan remote control yang sama untuk membuka atau mengunci motor.

Sistem Penguncian Pusat

Jika sinyal terverifikasi, unit penerima akan mengirimkan perintah ke sistem penguncian pusat pada motor. Sistem penguncian pusat kemudian mengunci atau membuka kunci motor sesuai dengan perintah yang diterima.

Baca juga: 8 Pilihan Warna Motor Scoopy, Nomor 5 Paling Terlaris 2024!

Konfirmasi Visual atau Audio

Setelah motor dikunci atau dibuka kunci, sistem penguncian pusat biasanya memberikan konfirmasi visual atau audio kepada pengendara. Ini dapat berupa lampu berkedip atau bunyi klakson pendek untuk memberi tahu pengendara bahwa aksi penguncian atau pembukaan telah berhasil dilakukan.

Remote keyless entry pada motor Honda Scoopy sangat nyaman karena pengendara dapat mengunci atau membuka kunci motor tanpa harus menyentuh motor secara fisik. Namun, penting untuk selalu memastikan keamanan kendaraan dengan menjaga remote control dengan aman dan tidak memberikan akses kepada pihak selain Anda sendiri.

Nah, sudah tahu manfaat besar dari smart key system, maka sekarang saatnya Anda tahu cara menghidupkan motor Scoopy remote yang sangat mudah.

Baca juga: 10+ Kelebihan dan Kekurangan Scoopy Di Tahun 2024

Langkah Cara Menghidupkan Motor Scoopy Remote

Cara Menghidupkan Motor Scoopy Remote

  1. Memang masih banyak pemilik kendaraan—terutama yang baru membeli Honda Scoopy—yang masih belum mengetahui cara ini.
  2. Bawa Remote Keyless, dekatkan remote Anda ke motor Honda Scoopy Anda. Selanjutnya, tekan tombol kunci (ikon kunci) selama beberapa detik sampai lampu indikator berubah menjadi hijau.
  3. Tekan starter satu kali, setelah lampu indikator pada remote berubah menjadi hijau sehingga suara mesin terdengar dan indikator kunci pada panel instrumen juga menyala.
  4. Putar knop fisik pada motor dua kali ke arah kanan dan panel instrumen akan otomatis menyala, ini menandakan bahwa motor sudah dalam kondisi on.
  5. Tekan tuas rem dan menekan tombol starter, dan mesin akan langsung menyala.

Baca juga: 5 Oli Motor yang Bagus untuk Scoopy 2024 dan Pastinya BERKUALITAS!

Bagaimana? Mudah bukan? Semoga bermanfaat.

Posting Komentar