5 Perbedaan Sistem Rem ABS dan CBS di Sepeda Motor

Perbedaan ABS dan CBS Pada Sepeda Motor - Kebanyakan merek sepeda motor saat ini mengadopsi dua sistem pengereman berbeda, yaitu ABS dan CBS.

Perbedaan ABS dan CBS Pada Sepeda Motor - Kebanyakan merek sepeda motor saat ini mengadopsi dua sistem pengereman berbeda, yaitu ABS dan CBS. Meski sama-sama berperan dalam sektor pengereman, terdapat perbedaan ABS dan CBS yang cukup signifikan dan berpengaruh pada motor.

ABS merupakan singkatan dari Anti-lock Braking System (ABS) yang jika diartikan secara harfiah adalah rem anti-terkunci. Sedangkan, kepanjangan dari CBS adalah Combi Brake System yang artinya sistem rem kombinasi.

Baik ABS maupun CBS memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli sepeda motor. Agar lebih paham, berikut informasi seputar perbedaan ABS dan CBS pada motor.

Ada beberapa perbedaan sistem pengereman CBS dan ABS pada motor yang cukup menonjol, di antaranya:

1 Sistem Pengereman

Perbedaan Sistem Rem ABS dan CBS di Sepeda Motor

Perbedaan utama pada sepeda motor CBS dan ABS tentunya ada pada sistem pengereman yang digunakan. ABS sendiri merupakan Anti-Lock Brake System sedangkan CBS merupakan Combi Brake System

Meski keduanya merupakan sistem pengereman, secara mendasar ABS bekerja secara elektronik, sedangkan CBS bekerja secara mekanis. ABS memungkinkan ban motor tidak slip saat terjadi panic braking atau pengereman mendadak sedangkan CBS membuat pengereman lebih optimal karena rem depan dan belakang bekerja bersamaan. 

ABS sendiri menjaga agar ban motor tidak mengunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Hasilnya resiko tergelincir akibat roda yang terkunci dapat dihindari. Fitur tersebut bekerja berdasarkan sensor wheel speed yang diterima dan diolah oleh Electronic Control Unit (ECU). 

CBS sendiri memiliki sistem yang dapat memperpendek jarak berhenti saat melakukan pengereman dengan mengombinasikan rem depan dan rem belakang. Rem depan dan belakang dapat bekerja bersamaan meski pengendara hanya menarik satu tuas rem. 

Baca juga: 10+ Kelebihan dan Kekurangan PCX 160 di Tahun 2024, Yakin Gak Mau Beli?

2 Bobot

Biasanya sepeda motor memiliki berat yang relatif lebih besar dari bobot motor yang menggunakan sistem rem CBS. Untuk varian CBS memiliki bobot 115 Kilogram sedang total berat ABS adalah 117 kilogram. 

3 Pilihan Warna

Terdapat pilihan warna dan emblem yang berbeda kepada dua motor ini. Meskipun keduanya memiliki warna Active Black, dan Grande Matte Black, pada tipe CBS terdapat warna Grande Matte Red, sedangkan pada tipe ABS terdapat warna Grande White. 

Selain itu biasanya tipe untuk CBS masih menggunakan sticker pada body kit. Hal ini berbeda dengan tipe ABS yang menggunakan emblem 3D untuk memberikan kesan lebih premium. 

4 Parking Brake Lock

Fitur parking brake lock ini sudah ditanggalkan untuk tipe ABS, sedangkan pada varian motor yang masih menggunakan sistem pengereman CBS, fitur parking brake lock masih terpasang. Hal ini disebabkan karena rem belakangnya masih tromol, sementara fitur pengereman ABS sudah menggunakan dua cakram depan dan belakang. 

Baca juga: 10 Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 125 Terbaru 2024

5. Kelebihan dan kekurangan ABS dan CBS Pada Motor

Kelebihan dan kekurangan ABS dan CBS Pada Motor

Dikutip dari situs Suzuki, beberapa kelebihan dari sistem ABS antara lain:

  • Bisa digunakan secara optimal di jalanan rata.
  • Lebih aman tanpa risiko slip ketika terpaksa harus melakukan rem mendadak.
  • Memiliki kinerja lebih cepat dibanding rem biasa.
  • Mampu meminimalisasi kecelakaan dan meningkatkan keamanan pengendara.

Di samping kelebihannya, rem ABS juga mempunyai kekurangan, di antaranya:

  • Tidak bisa digunakan dengan optimal di jalanan yang tidak rata.
  • Muncul bunyi seperti mengeruk jika bekerja di jalanan yang tidak rata.

Rem CBS memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  • Sangat praktis dan mudah digunakan.
  • Jarak pengereman pendek.
  • Aman dan stabil dipakai dalam kecepatan tinggi.

Sementara kekurangannya antara lain:

  • Membuat kampas rem depan lebih cepat aus.
  • Piringan disk brake cepat terkikis
  • Kurang cocok digunakan di jalanan yang basah atau licin.

Nah setelah mengetahui perbedaan Rem ABS dan CBS, kira-kira varian mana yang akan menjadi tambatan hati Kamu? Selamat memilih!

Posting Komentar